PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH

Musliana, Fulfita (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156181053 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156181053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156181053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156181053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156181053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156181053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156181053 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156181053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156181053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156181053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena minimnya penggunaan media yang digunakan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam terbatas hanya menggunakan buku paket dan papan tulis serta belum dikembangkannya media pembelajaran Adobe Flash berbasis discovery learning di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran adobe flash berbasis discovery learning yang dikembangkan. Pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 5 langkah yaitu: (1) analyze (analisis) (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), (5) evaluation (penilaian). Subjek Penelitian ini adalah 36 orang peserta didik kelas IV di SD Negeri 20 Banda. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, guru kelas, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi kriteria kelayakan dengan rata-rata 3,80 dengan kategori valid dan layak digunakan, serta efekif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya ketuntasan belajar individu mencapai 85,7%, ketuntasan belajar klasikal mencapai 80,5% dengan persentase N-gain mencapai 0,68 dengan kategori sedang

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmatsyah, 196602021994031006
Thesis advisorSaragih, Daulat196411071991031010
Call Number: 372.3 Mus p
Keywords: Adobe Flash, Dicovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 04:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33172

Actions (login required)

View Item View Item