INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA HOKKIEN DALAM BAHASA INDONESIA RAGAM TULIS OLEH SISWA ETNIS TIONGHOA KELAS VI SD SWASTA PERGURUAN BUDDHIS BODHICITTA MEDAN DAN STRATEGI PENANGGULANGANNYA

Ananda, Kiki Rizki (2018) INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA HOKKIEN DALAM BAHASA INDONESIA RAGAM TULIS OLEH SISWA ETNIS TIONGHOA KELAS VI SD SWASTA PERGURUAN BUDDHIS BODHICITTA MEDAN DAN STRATEGI PENANGGULANGANNYA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 816192013 COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 816192013 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 816192013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 816192013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 816192013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 816192013 TABLE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 816192013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 816192013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 816192013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 816192013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 816192013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk interferensi leksikal bahasa Hokkien dalam karangan narasi bahasa Indonesia, (2) Strategi penanggulangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Perguruan Buddhis Bodhicitta Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI-B dan VI-D yang berjumlah 81 orang. Data diambil dari karangan narasi yang ditulis oleh siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik wawancara, untuk mengetahui latar belakang siswa satu per satu, setelah mengetahui latar belakang siswa, dari 81 siswa SD Swasta Perguruan Buddhis Bodhicitta Medan, ada 40 siswa yang berlatar belakang suku Hokkien. Kemudian siswa ditugaskan untuk menuliskan sebuah karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interferensi leksikal dan strategi penanggulangan untuk menurunkan angka interferensi bahasa Hokkien dalam karangan narasi bahasa Indonesia. Adapun interferensi leksikal dibagi berdasarkan kelas kata yaitu : kelas verba 26 kata, adjektiva 10 kata, nomina 24 kata, pronomina 3 kata, numeralia 2 kata. Dengan jumlah keseluruhannya ada 65 kata. Untuk strategi yang digunakan adalah strategi pengajaran bahasa, yaitu: pengajaran menyimak, pengajaran berbicara, pengajaran membaca dan pengajaran menulis

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman19802012003121003
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: 411 Ana i
Keywords: interferensi leksikal, bahasa Hokkien, karangan narasi, strategi penanggulangannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33137

Actions (login required)

View Item View Item