ANALISIS HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

APRILLYANA, BEATRISE (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 5113143003 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 5113143003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 5113143003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 5113143003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 5113143003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 5113143003 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 5113143003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 5113143003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 5113143003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 5113143003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 5113143003 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Pembuatan Dasar Pola Busana Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 10 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu teknik pengumpulan data berupa angka atau nilai untuk mengetahui Hasil Belajar Pembuatan Dasar Pola Busana Anak. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 10 Medan sebanyak 108 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling yaitu sebanyak 34 orang. Data penelitian ini dijaring melalui melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5%dan dk = 4 : 165, diperoleh Ftabel = 2,424, sehingga diketahui Fo < Ft (1,509 <2,424). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Hasil Belajar Pembuatan Dasar Pola Busana Anak sehingga dapat digunakan untuk menjaring data penelitian.. Hasil analisis data menunjukkan bahwaHasil Belajar Pembuatan Dasar Pola Busana Anak berada dalam kategori baik (58,82%). Dalam penelitian ini digunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa Persentase dari setiap indikator Hasil Belajar Pembuatan Dasar Pola Busana Anak yaitu : (1) Ketepatan pemilihan kertas pola tergolong baik yaitu 97,06%, (2) Ketepatan penggunaan pensil gambar tergolong baik yaitu sebesar 61,76%, (3) Kelengkapan ukuran pola tergolong baik yaitu sebesar 67,65%, (4) Ketepatan ukuran pola tergolong baik yaitu sebesar 58,82%, (5) Ketepatan menggunakan tanda-tanda pola tergolong baik yaitu 50,00%, (6) Keluwesan garis pola tergolong kurang yaitu 76,47%, (7) PKerapian gambar pola tergolong baik yaitu 50,00%, (8) Kebersihan gambar tergolong baik yaitu 61,76%. Secara keseluruhan persentase Analisis Hasil Belajar Pembuatan Dasar Pola Busana Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 diperoleh sebesar 58,82% yang tergolong dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitu, Nurmaya195510011979032001
Call Number: SK-2018 BSN 039
Keywords: Pembutan Pola Dasar Busana Anak, Hasil Pembuatan Pola Dasar Busana Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 15:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33020

Actions (login required)

View Item View Item