PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING WITHIN INDUSTRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI TANGGA SISWA KELAS XIKOMPETENSI KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 1 PERCUT SEITUAN

NAINGGOLAN, RINALDI TIMBUL RAJA (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING WITHIN INDUSTRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI TANGGA SISWA KELAS XIKOMPETENSI KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 1 PERCUT SEITUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM _ 5113111033 Cover.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM _ 5113111033 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM _ 5113111033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM _ 5113111033 Kata Penghantar.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM _ 5113111033 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM _ 5113111033 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM _ 5113111033 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM _ 5113111033 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM _ 5113111033 BAB I.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM _ 5113111033 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM _ 5113111033 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar konstruksi tangga melalui penerapan strategi pembelajaran Training Within Insustry (TWI) di kelas XI SMK Negeri 1 Percut Setuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Seituan Tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 28 orang, strategi penelitian ini bersifat deskriktif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan menggunakan penilaian lembar observasi hasil belajar menggambar konstruksi tangga. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat meningkatnya hasil belajar siswa Hasil penelitian menggunakan strategi pembelajaran training within industry dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dimana peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana ketuntasan siswa pada siklus I terdapat 6 orang siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 22 orang siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa pada siklus II tidak terdapat lagi siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Strategi pembelajaran Training Within Industry adalah mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,76 meningkat menjadi 83,05 dengan rata-rata peningkatanpenguasaanmateripadasiklus I dansiklus II sebesar 11%. Dari hasil peningkatan hasil belajar tersebut berarti bahwa penerapan stategi pembelajaran training within industry pada mata pelajaran menggambar Konstruksi Tangga mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTampubolon, Jintar195702011982031002
Call Number: SK-2018 BAN 052
Keywords: Hasil Belajar, Training Within Industry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 14:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32984

Actions (login required)

View Item View Item