PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

SIJABAT, JENPRA NOVREN (2018) PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2131111025 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2131111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2131111025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2131111025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2131111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2131111025 TABLES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2131111025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2131111025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2131111025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2131111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 764 siswa dan terdiri dari dua puluh dua kelas. Sampel diambil dengan cara purposive sampling yaitu kelas X TP 2 yang terdiri atas 35 orang dan X TG 1 yang terdiri atas 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen two group post-test design, dengan instrumen penelitian berupa penugasan. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa tanpa menggunakan media gambar berseri termasuk kedalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 69,57 dan standar deviasi 9.34, sedangkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa menggunakan media gambar berseri termasuk kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 82,85dan standar deviasi 9.23. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji nomalitas dan homogenitas, diperoleh sebesar 5.89. Selanjutnya setelah diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1, df = 35-1= 34 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,03. Karena yang diperoleh lebih besar dari pada yaitu 5.89 2,03, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks eksposisi kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanum, Inayah196002211985032002
Call Number: SK-2019 IND 027
Keywords: media gambar berseri, menulis, teks eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 15:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32892

Actions (login required)

View Item View Item