HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP TINGKAT KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS

Zebua, Agusman (2009) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP TINGKAT KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188130043 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188130043 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188130043 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188130043 Abstrak.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188130043 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188130043 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188130043 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188130043 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5-081188130043 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188130043 Bab V.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188130043 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188130043 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan positif yang signifikan antara: (1) kepemimpinan kepala sekolah dengan tingkat kinerja guru; (2) supervisi kepala sekolah dengan tingkat kinerja guru; dan (3) kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan tingkat kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Nias. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri di Kabupaten Nias yang berjumlah 160 orang dan sampel penelitian sebanyak 38 orang yang diambil secara stratified proportional random sampling. Instrumen penelitian adalah yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari uji validitas adalah untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah 3 butir soal tidak valid sedangkan nilai reliabilitasnya adalah 0,87.Untuk variabel supervisi kepala sekolah 2 butir soal tidak valid sedangkan nilai reliabilitasnya sebesar 0,88. Sedangkan variabel tingkat kinerja guru ada 4 butir soal tidak valid dengan nilai reliabitas sebesar 0,87. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah serta tingkat kinerja guru tergolong ke dalam kategori cukup. Dalam hal ini, tingkat kinerja guru akan terlihat meningkat bila kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah dapat dilaksanakan secara bersama-sama dan penuh dengan kekeluargaandan persahabatan. Terdapat hubungan positif yang signifikan antarakepemimpinan dengan tingkat kinerja guru, koefisien korelasi 0,4646. Dalam hal ini, menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader akan memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tugas pengabdiannya. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan tingkat kinerja guru, koefisien korelasi 0,4610. Dalam hal ini, supervisi yang dilaksanakan kepala sekolah memberikan darnpak positif terhadap tingkat kinerja guru. Artinya, pelaksanaan supervisi membantu guru dalam memperbaiki proses pembelajaran di kelas untuk memberhasilkan tujuan pembelajaran. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan tingkat kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Nias dengan koefisien korelasi 0,6118. Dalam hal ini, kepemimpinan dan supervisi kepala seolah merupakan dua hal yang tidak terpisahkan untuk meningkatkan kinerja guru. Untuk meningkatkan kinerja guru menja.di lebih baik dalam proses pembelajaran, maka kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dan pelaksanaan supervisi dan kepala sekolah hams dilaksanakan secara bersamaan. Pengujian dilakukan pada taraf signifikansi a = 0,05, dk = 36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel kepemimpinan (Xi) dan supervisi kepala sekolah (X2) memiliki hubungan positif yang signifikan dengan tingkat kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Nias.Diperlukan adanya perbaikan kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader diupayakan dapat menciptakan suasana yang harmonis dan kekeluargaan dan melaksanakan supervisi secara terjadwal dan penuh persahabatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 068 Zeb h
Keywords: Kepemimpinan; Guru; Supervisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 May 2016 17:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3289

Actions (login required)

View Item
View Item