PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA (STUDI EKSPERIMEN SMA SWASTA HANG TUAH BELAWAN 2009)

Sihombing, Tigor PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA (STUDI EKSPERIMEN SMA SWASTA HANG TUAH BELAWAN 2009). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-071188230038_KataPengantar.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-071188230038_Abstrak.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-071188230038_DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-071188230038_Bab_I.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-071188230038_Bab_V.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-071188230038_DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar fisika antarasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yangdiajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) perbedaan basil belajar fisika siswadengan gaya berpikir divergen dan gaya berpikir konvergen, (3) interaksi antara strategipembelajaran dengan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil! belajar fisika.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Swasta Hang Tuah Belawan,sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 152 orang. Teknik penarikan sampel dilakukandengan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 120 orang. Instrumenpengukuran untuk mengukur hasili belajar digunakan tes berbentuk pilihan gandadengan 5 pilihan jawaban terdiri dari 40 butir soal. Untuk menjaring data gaya berpikirsiswa dilakukan melalui angket yang telah diuji kevalidannya, uji coba angket dilakukanpada 80 orang siswa, dari 44 butir angket yang ditujukan terdapat 32 butir angket yangdinyatakan sahih dan digunakan dalam penelitian. Untuk menganalisis tes hasil belajarFisika digunakan ruang korelasi Point Biserial, sedangkan analisis angket gaya berpikirdigunakan ruang Product Moment. Metode penelitian menggunakan metode quasieksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis datamenggunakan ANOVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05. Syarat ANOVA adalahdata harus berdistribusi normal dan data harus memiliki varians populasi homogenHasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar Fisika siswa yang diajar denganpembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkanhasil belajar Fisika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositoriberbantuan LKS, (2) basil belajar Fisika siswa dengan gaya berpikir divergen lebih tinggidibanding dengan siswa dengan gaya berpikir konvergen, dan (3) terdapat interaksiantara strategi pembelajaran dan gaya berpikir siswa terhadap hasil belajar fisika.Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa Strategi pembelajaran yang tepatdigunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir divergen adalah strategipembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan strategi pembelajaran yang tepat digunakanuntuk siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen adalah strategi pembelajaranekspositori berbantuan LKS. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepadaguru Fisika yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran harus diperhatikankarakteristik siswa khususnya gaya berpikir.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPanjaitan, Binsar195708011980031001
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Call Number: 373. 238 Sih p
Keywords: Belajar fisika; Hasil belajar fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3282

Actions (login required)

View Item View Item