PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SEMBIRING, TRISNA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6141111091 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6141111091 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6141111091 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6141111091 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6141111091 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6141111091 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6141111091 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 6141111091 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6141111091 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6141111091 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6141111091 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan saintifik dan pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP negeri 15 medan.. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research ) dengan subjek penelitian sebanyak 37 orang.. Penelitian ini dilaksanakan di SMP negeri 15 medan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan saintifik dan pendekatan saintifik yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Dilihat dari data awal hasil belajar lari sprint hanya 12 orang siswa yang tuntas (32.5%) dan 25 orang siswa yang belum tuntas (67,5%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 20 orang (54,05%) dan siswa yang belum tuntas 17 orang (45,94%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 32 orang (86,48%) dan siswa yang belum tuntas 5 orang (13,51%). Nilai rata rata hasil belajar siswa pada data awal adalah (44,56%) (tuntas), pada test siklus 1nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi (62,58)(tuntas), pada pelaksanaan test siklus II presentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai (79,21%). Presentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 32,5%, pada test siklus I meningkat menjadi 67,5% dan pada siklus II presentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 79,21%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingg test siklus I yaitu 15 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test I hingga test siklus II yaitu 40,54 dan peningkatan nilai rata-rata dari test awal ke siklus I adalah 32,5. Dan peningkatan dari test siklus I hingga test siklus II adalah 86,48 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik dan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2018-2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHandoko, Abdul Harris198407162010121001
Call Number: SK-2019 PJKR 014
Keywords: -
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32779

Actions (login required)

View Item View Item