UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR GAYA RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SWASTA AMIR HAMZAH TAHUN AJARAN 2018/2019

MARPAUNG, NURUL KHOLILA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR GAYA RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SWASTA AMIR HAMZAH TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6141111062 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6141111062 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6141111062 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6141111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6141111062 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6141111062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6141111062 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6141111062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6141111062 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6141111062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6141111062 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6141111062 TABLES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6141111062 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6141111062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6141111062 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6141111062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6141111062 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6141111062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6141111062 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6141111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik dasar tolak peluru menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal pada siswa kelasVII SMP Swasta Amir Hamzah Tahun Ajaran 2018/2019. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII yang berjumlah sebanyak 30 siswa yang akan diberikan pembelajaran menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal terhadap proses belajar Teknik dasar tolak peluru. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal (data awal) diperoleh 7 orang siswa (23,33%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 23 orang siswa (76,67%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 60. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal, dari tes hasil belajar Siklus 1 diperoleh sebanyak 17 orang siswa (56,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 orang siswa (43,33%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa 67,7. Dari tes hasil belajar Siklus 2 diperoleh sebanyak 26 orang siswa (86,66%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (13,33%) masih belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa 77,7. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, nilai rata-rata siswa dari Siklus I ke Siklus II meningkat sebesar 6,1. Dan dengan menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Teknik dasar tolak peluru pada siswa/siswi kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PJKR 010
Keywords: -
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 15:40
Last Modified: 15 Apr 2019 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32740

Actions (login required)

View Item
View Item