ANALISIS PENILAIAN AUTENTTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1SILIMA PUNGGA PUNGGA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

SITOHANG, TRIWELA (2018) ANALISIS PENILAIAN AUTENTTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1SILIMA PUNGGA PUNGGA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2141111042 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.2141111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.2141111042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.2141111042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.2141111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.2141111042 TABLES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.2141111042 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.2141111042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM.2141111042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.2141111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X MIA 1 SMAN 1 Silima Pungga Pungga , (2) bagaimana teknik penilaian autentik yang digunakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X MIA 1 SMAN 1 Silima Pungga Pungga, (3) apa kendala guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas di kelas X MIA 1 SMAN 1 Silima Pungga Pungga. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Silima Pungga Pungga. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas X dan siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Silima Pungga Pungga. Objek penelitian pada penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X MIA 1 di SMA Negeri 1 Silima Pungga Pungga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran menulis teks anekdot sudah baik dengan persentase yang diperoleh 77,5%. Teknik penilaian yang digunakan pada aspek kompetensi sikap yaitu observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman dengan persentase yang diperoleh 92,5 %. Untuk menilai kompetensi pengetahuan teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan dengan persentase yang diperoleh 100%. Teknik penilaian yang digunakan pada kompetensi keterampilan adalah tes praktik, dan penilaian portofolio dengan persentase yang diperoleh 100%. Guru masih mengalami kendala-kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik. Kendalanya yaitu keterbatasan waktu, peserta didik, dan banyaknya rubrik penilaian. Hal ini menunjukkan bahwa guru berusaha menerapkan penilaian autentik dengan baik dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810161985031001
Call Number: SK-2019 IND 012
Keywords: Kurikulum 2013, Penilaian Autentik, Teks Anekdot
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 10:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32606

Actions (login required)

View Item View Item