PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

Surianto, (2011) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188410031 Pengantar.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188410031 Abstrak.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188410031 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-081188410031 Bab I.pdf - Published Version

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-081188410031 Bab V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188410031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) mengembangkan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Kelas XI Semester Ganjil Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dapat dipakai sebagai acuan guru dan peserta didik dalam pembelajaran praktikum di laboratorium,; (2) mengetahui kualitas Buku Petunjuk Praktikum Kimia berdasarkan KTSP menurut penilaian 5 guru kimia SMA. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia ini dibimbing oleh dosen pembimbing. Instrumen penilaian Buku Petunjuk Praktikum Kimia berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan meliputi 3 aspek penilaian dengan 10 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Buku Petunjuk Praktikum Kimia. Ada 4 tahap pengembangan buku petunjuk praktikum ini, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data yang meliputi mengkaji kurikulum dan materi; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan produk awal yang meliputi menyusun buku petunjuk praktikum, melakukan validasi, uji coba buku petunjuk praktikum di laboratorium kimia UNIMED, dan melakukan revisi; dan (4) uji coba buku petunjuk praktikum di 5 SMA (SMAN 1 Galang, SMAN 2 Lubuk Pakam, SMAN 1 Bangun Purba, SMAN 1 Hamparan Perak, dan SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam) yang ada di Kabupaten Deli Serdang, membagi angket uji kelayakan, melakukan revisi ulang. Validator terdiri dari 1 dosen kimia Program Pascasarjana UNIMED. Produk penelitian ini berupa Buku Petunjuk Praktikum Kimia untuk peserta didik SMA kelas XI semester ganjil berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Buku petunjuk praktikum kimia tersebut terdiri dari 3 materi pokok, yaitu: Termokimia; Laju Reaksi; dan Kesetimbangan Kimia. Komponen Buku Petunjuk Praktikum Kimia yang dikembangkan terdiri dari judul, kompetensi, petunjuk urn urn praktikum, gambar macam-macam alat laboratorium, labeUsimbol bahaya, serta praktikum yang terdiri atas judul praktikum, SKIKD, tujuan praktikum, dasar teori, alat dan bahan, langkah kerja, hash pengamatan, pertanyaan, kesimpulan, dan lembar penilaian. Buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian 5 guru kimia SMA dengan skor 94,58 % sehingga layak digunakan sebagai acuan dalam berpraktikum dan sebagai sumber belajar penunjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031022
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 540.071 Sur p
Keywords: Pembelajaran;Kimia;Laboratorium;Praktikum;Practicums;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3247

Actions (login required)

View Item View Item