UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MIS NURUL HIDAYAH

Ananda, Lala Jelita (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MIS NURUL HIDAYAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-071188810009 Pengantar.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-071188810009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-071188810009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-071188810009 Bab I.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-071188810009 Bab V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-071188810009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untukmeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA denganmenerapkan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan pada matapelajaran IPA di MIS Nurul Hidayah Jalan Tangguk Bongkar II No. 28A Medan.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas duakali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan(acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Jumlah subjek dalampenelitian ini adalah 40 orang siswa kelas IV. Pembelajaran didesain denganmengacu pada kriteria-kriteria PAKEM pada pembelajaran IPA. Pengumpulandata dilakukan melalui observasi langsung pada aktivitas siswa dalam prosespembelajaran, untuk mengumpulkan data peningkatan hasil belajar siswa padaaspek kognitif dilakukan dengan teknik test dan untuk mengetahui peningkatanmotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA digunakan angketBerdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus Iadalah 68,5 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62.5%. Perolehan nilairata-rata siswa pada siklus II adalah 75,8 dengan ketuntasan belajar klasikalmengalami peningkatan sebesar 27,5%. Melalui hasil uji t paired samples testdihasilkan t hitung 7,027 lebih besar dari nilai tabel,684, terdapat peningkatan hasilbelajar siswa secara signifikan. Hasil angket motivasi siswa pada siklus I yangmemberikan jawaban positif 62%, setelah dilaksanakannya Siklus II terdapatpeningkatan sebesar 24,5%, menjadi 86,5%. Hasil ini menunjukkan bahwaketertarikan siswa untuk mempelajari materi Penggolongan Hewan meningkatdibandingkan siklus sebelumnya, dapat dikatakan siswa semakin termotivasiterhadap Pembelajaran WA yang diberikan. Hasil observasi terhadap aktifitassiswa pada tiap siklus setelah dilaksanakannya Pembelajaran IPA denganmenerapkan PAKEM menunjukkan siswa telah aktif dalam pembelajaran IPA halini diindikasikan oleh kecenderungan peningkatan persentase aktifitas siswa padasiklus pertama ke siklus kedua. Hasil observasi pada pengelolaan pembelajaranyang dilakukan oleh guru dapat disimpulkan bahwa terdapat usaha guru untukterus memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat terwujud prosespembelajaran IPA yang menerapkan prinsip PAKEM. Hal ini dapat dilihat darikenaikan angka persentase dari aktifitas-aktifitas yang dilakukan dalampelaksanaan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDjulia, Elly196607241991032012
Thesis advisorHarahap, Fauziah196607281991032002
Call Number: 372.3 Ana u
Keywords: Motivasi; Hasil Belajar; Pakem
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item