PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X DI SMAS BUDISATRYA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

PANE, SITI KHADIJAH SITORUS (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X DI SMAS BUDISATRYA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2142111027 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2142111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2142111027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2142111027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2142111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2142111027 PICTURE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2142111027 TABELS.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2142111027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2142111027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2142111027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2142111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsep penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (paikem) oleh guru dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di sekolah SMAS Budisatrya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, purposive sampling, dan penelitian itu sendiri (human instrument). Penelitian deskriptif ini diteliti melalui subjek dan objek penelitian. Subjek penelitian ialah guru bahasa Indonesia dan objek penelitian ialah penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (paikem) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Instrumen penelitian ini didukung dengan lembar observasi penerapan model paikem. Pelaksanaan penelitian terhadap model paikem oleh guru di kelas X IPS 2 diidentifikasi melalui proses pembelajaran yaitu guru merancang dan mengelola proses pembelajaran yang mendorong siswa berperan aktif dalam kegiatan percobaan, diskusi kelompok, memecahkan masalah, mencari informasi, menulis laporan, dan berkunjung keluar kelas. Semua proses pembelajaran tersebut didukung dengan media pembelajaran (buku, lks, media audio visual (rekaman video), dan media koran), memanfaatkan alat, dan sumber pembelajaran dari lingkungan sekolah. Selain itu, guru juga memberikan penugasan baik individu seperti mencari contoh teks eksposisi dari mendia dan menuliskan contoh dari jenis teks eksposisi, sedangkan penugasan kelompok dengan cara guru menginstruksikan siswa untuk mendiskusikan materi kelompok dan menjelaskan contoh teks eksposisi proses melalui rekaman video siswa. Dengan pelaksanaan penerapan model paikem dalam pembelajaran dibuktikan bahwa guru melaksanakan pembelajaran di dalam dan di luar kelas dengan memperoleh hasil pembelajaran yaitu 80 (“baik”).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUmar, Azhar196006111983011001
Call Number: SK-2018 IND 160
Keywords: Model Paikem, Pembelajaran, Teks Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 15:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32229

Actions (login required)

View Item View Item