PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJRAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTS ISLAMIYAH GUPPI MEDAN

UTAMI, RIZKIA APRILIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJRAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTS ISLAMIYAH GUPPI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123111069 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123111069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123111069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123111069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123111069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123111069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123111069 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123111069 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123111069 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123111069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123111069 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pecahan di kelas VII. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Swasta GUPPI Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang. Dan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan pada setiap akhir siklus peneliti memberikan sebuah tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I diperoleh sebanyak 1 siswa (3,57%) memiliki kemampuan berpikir sangat kritis, 5 siswa (17,85%) yang memiliki kemampuan kritis, 11 siswa (39,29%) yang memiliki kemampuan cukup kritis dan 11 siswa (39,29%) berada pada kategori tidak kritis. Dari hasil tersebut terlihat bahwa 17 siswa (60,71%) dari 28 siswa telah mencapai standar berpikir kritis yang ditargetkan, yaitu siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata kelas adalah 65,93. Kemudian setelah diberikan siklus II diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil analisis kemampuan berpikir kritis setelah dilakukan siklus II diperoleh sebanyak 10 siswa (35,71%) memiliki kemampuan sangat kritis, 9 siswa (32,14%) memiliki kemampuan kritis, 5 siswa (17,85%) memiliki kemampuan cukup kritis dan 4 siswa (14,30%) berada dalam kategori tidak kritis. Dari hasil tersebut terlihat bahwa terdapat 24 siswa yang mencapai standar berpikir kritis yang ditargetkan, yaitu siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dan nilai rata-rata kelas 83,24 sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII tergolong kritis. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pecahan di kelas VII MTs Swasta GUPPI Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPanjaitan, Marojahan195912301985031004
Call Number: SK-2018 MAT 185
Keywords: Pembelajran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 14:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32203

Actions (login required)

View Item View Item