PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR - DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TITL SMK SWASTA IMELDA MEDAN

PANJAITAN, BUDI HASIHOLAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR - DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X TITL SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5133331025 COVER.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5133331025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5133331025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5133331025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5133331025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5133331025 TABLES.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5133331025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5133331025 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 5133331025 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5133331025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengenal komponen elektronika dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe Pair Checks di kelas X TITL SMK Swasta Imelda, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi mengenal komponen elektronika dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori,(3) mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Tipe Pair Checks dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar – dasar elektronika di kelas X TITL SMK SWASTA IMELDA MEDAN T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMK Swasta Imelda yang berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar mengenal komponen elektronika. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi dasar mengenal komponen elektronika di kelas eksperimen (menggunakan Model Pembelajaran Tipe Pair Checks) diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,2 dan standar deviasi 6,488 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Model Pembelajaran Ekpositori) diperoleh nilai rata-rata 72,93 dan standar deviasi 6,617 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 56,67 %. Hasil uji-t diperoleh nilai t_hitung > t_tabel, yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar mengenal komponen elektronika siswa Kelas X TITL SMK Swasta Imelda tahun ajaran2017/2018 yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe Pair Checks lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiburian, Paningkat1953040219771001
Call Number: SK-2018 ELK 025
Keywords: Model Pembelajaran,Tipe Pair Checks, Ekspositori, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 10:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31867

Actions (login required)

View Item View Item