HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR BOGA SISWA SMK IMELDA PARIWISATA MEDAN

DEPARI, PAULUS SEMBIRING (2018) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR BOGA SISWA SMK IMELDA PARIWISATA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.5113342021 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.5113342021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.5113342021 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.5113342021 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.5113342021 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.5113342021 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.5113342021 APPENDICES_docx.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.5113342021 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM.5113342021 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.5113342021 BIBLIOGRAPHY_doc.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemandirian belajar siswa; (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Boga; (3) Hubungan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar Dasar Boga. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Imelda Pariwisata Medan dan waktu penelitian dilakukan di bulan April - Juni 2018 dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Imelda Pariwisata Medan dengan jumlah 34 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian ini 34 orang siswa. Data kemandirian belajar dikumpulkan menggunakan angket dan hasil belajar Dasar Boga menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data dengan uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji lineritas, sedangkan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini analisis data kecenderungan diketahui bahwa kemandirian belajar siswa termasuk kategori cenderung kurang sebesar 61,77 persen, dan hasil belajar Dasar Boga cenderung cukup yaitu 64,72 persen. Hasil Analisis Uji Normalitas dengan dk= 5 pada variabel kemandirian belajar yaitu ²hitung<²tabel (6,4 < 11,07) dan variabel hasil belajar Dasar Boga yaitu ²hitung<²tabel (6,2 < 11,07) pada taraf signifikan 5 persen, kedua variable berdistribusi Normal. Hasil Uji Linearitas hasil belajar Dasar Boga atas Kemandirian Belajar dengan nilai Fhitung < Ftabel yaitu (-0,39< 2,91) adalah Linier dengan bentuk persamaan regresi Y= 3,6 + 0,26 X pada taraf kepercayaan α = 0,05. Koefisien regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung> Ftabel (21,37> 4,17). Dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh korelasi rxy sebesar 0,633 dan nilai rtabel pada taraf signifikan 5 persen sebesar 0,339. Dengan demikian harga rhitung> rtabel (0,633 > 0,339). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Dasar Boga pada siswa SMK Imelda Pariwisata Medan. Artinya semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar Dasar Boga siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHANDAYANI, NILA195701131982032001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BOGA 012
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31809

Actions (login required)

View Item View Item