UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DALAM TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PENGANDAIAN SERATUS DELAPAN PULUH DERAJAT BERBEDA DI KELAS IV SD SWASTA INTI NUSANTARA TEBING TINGGI

Siregar, Delfi Hayati (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DALAM TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PENGANDAIAN SERATUS DELAPAN PULUH DERAJAT BERBEDA DI KELAS IV SD SWASTA INTI NUSANTARA TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136182011 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136182011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136182011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136182011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136182011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136182011 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136182011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136182011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136182011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136182011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136182011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk : meningkatkan kemampuan menulis cerita dalam tematik dengan menggunakan teknik pengandaian seratus delapan puluh derajad berbeda pada materi menulis cerita di kelas IV SDS Inti Nusantara Tebing Tinggi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDS Inti Nusantara Tebing Tinggi sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan persentase skor rerata aktivitas guru, skor rerata aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan : (1) terjadi peningkatan pada aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan I dan II sebesar 61,43% dan 67,61% dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan I dan II sebesar 74,76% dan 78,54% dengan kategori baik, sedangkan pada pertemuan III sebesar 82,38% dengan kategori sangat baik, (2) terjadi peningkatan pada aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan I sebesar 61,25% dengan kategori kurang, dan pada pertemuan II sebesar 64,37% dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan I dan II sebesar 66,87% dan 70,62% dengan kategori baik, sedangkan pada pertemuan III sebesar 75,63% dengan kategori sangat baik, dan (3) meningkatnya kemampuan menulis siswa sebesar 33,33%. Diharapkan jika diterapkan teknik pengandaian seratus delapan puluh derajat berbeda guru memberikan bimbingan terbatas pada siswa saat menulis sebuah cerita sehingga siswa mampu menulis cerita dengan dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Thesis advisorEvianty, Evi196501031993032001
Call Number: 372.6 Sir u
Keywords: kemampuan menulis cerita, tematik, teknik pengandaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jan 2019 09:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31668

Actions (login required)

View Item View Item