PERBEDAAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

RIDZUAN, M. (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5112131009 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5112131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5112131009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5112131009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5112131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5112131009 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5112131009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5112131009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5112131009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5112131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Instalasi Motor Listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Model Pembelajaran yang digunakan adalah Model pembelajaran berbasis proyek yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk pakam yang mengikuti sub kompetensi Instalasi Motor Listrik yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas, diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (kelas eksperimen) dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 30 dan 27 orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 57 orang. Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 3 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa. Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 5,944 > 1,674. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Instalasi Motor Listrik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBINTANG, SALMAN196806151993031001
Call Number: SK-2018 ELK 064
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31376

Actions (login required)

View Item View Item