PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK KREATIF TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

LUMBAN GAOL, AYU RONAULI (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK KREATIF TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143351005_COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143351005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143351005_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143351005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143351005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143351005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143351005_BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1143351005_BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143351005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Kreatif Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh konseling kelompok teknik kreatif terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan one pre-test – post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-4. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 yang diambil dengan metode random sampling yang terdiri dari 10 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kecemasan berbicara di depan kelas. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok teknik kreatif. Kemudian data dianalis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik kreatif terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 91,3, standar deviasi = 97, 869 sedangkan skor (post-test) diperoleh rata-rata = 63,7, standar deviasi = 66, 871. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 10 sedangkan Jtabel = 8. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Uji Jhitung > Jtabel dimana 10 > 8, dari perhitungan ini dapat dilihat pengaruh perlakuan pada kelompok eksperimen artinya pengaruh konseling kelompok teknik kreatif lebih signifikan (10 > 8). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik kreatif terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Rahmulyani196105111986012001
Thesis advisorLubis, Zuraida196302161987032001
Call Number: SK-2018 BK 101
Keywords: KONSELING KELOMPOK, TEKNIK KREATIF, KECEMASAN BERBICARA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31374

Actions (login required)

View Item View Item