PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI GAYA MAGNET PADA SISWA KELAS V SDN 056633 KECAMATAN GEBANG

Hasanah, Nurul (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI GAYA MAGNET PADA SISWA KELAS V SDN 056633 KECAMATAN GEBANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166181040 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166181040 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166181040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166181040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166181040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166181040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166181040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166181040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166181040 BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166181040 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166181040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses sains, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik tema VII materi Gaya Magnet di SDN 056633 Kecamatan Gebang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan populasi terdiri dari 3 kelas paralel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling, dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen I, VB eksperimen II, dan VC sebagai kontrol. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS 23.00 for windows. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan berganda dan uraian. Hasil analisis data diperoleh model problem based learning (masalah dari siswa) lebih baik dari model problem based learning (masalah dari guru) dan model direct instruction: (1) Keterampilan proses sains memiliki nilai (mean= 87,60) dengan signifikansi 0.006 < 0.05; (2) Pada kemampuan pemecahan masalah nilai (mean= 87,50) dengan signifikansi 0.00 < 0.05; dan (3) Kemampuan berpikir kritis siswa memiliki nilai (mean= 88,20) dengan signifikansi 0.00 < 0.05

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.3 Has p
Keywords: Problem Based Learning, Direct Instruction, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31284

Actions (login required)

View Item View Item