PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP METHODIST TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

NAPITUPULU, NAOMI NOVIYANTI (2018) PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP METHODIST TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2143111042 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2143111042 APORAL SHEET.pdf - Published Version

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2143111042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2143111042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2143111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2143111042 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2143111042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2143111042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2143111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Methodist Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 108 siswa SMP Methodist Tanjung Morawa. Pengambilan data digunakan dalam bentuk penugasan yaitu menulis pantun,yaitu kelas eksperimen 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis pantun sebelum menggunakan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 66,14, sedangkan kemampuan siswa menulis pantun sesudah menggunakan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80,47. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan dk = (N1+N2)-2 = (36+36)-2 = 70. Pada tabel t dengan dk = 70 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,04. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel , yaitu 2,00<8,05>2,04 , maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) terhadap kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Methodist Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2017/2018. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis pantun sesudah menggunakan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle), dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model siklus belajar (learning cycle) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis pantun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPangaribuan, Tangson R.195703161981031005
Call Number: SK-2018 IND 134
Keywords: Model; Siklus Belajar (Learning Cycle); Menulis; Dan Pantun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31219

Actions (login required)

View Item View Item