PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

DALIMUNTHE, DINDA PURNAMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 2143111017 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 2143111017 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 2143111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 2143111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 2143111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 2143111017 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 2143111017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 2143111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 2143111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 2143111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Medan pada kelas VIII tahun pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan one group post test design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 30 siswa kelas eskperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis teks ulasan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis tek ulasan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50 yang diperoleh dari 30 sampel, yang memiliki nilai rata-rata 66, 16 termasuk pada kategori cukup, sedangkan sesudah mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65, yang memiliki nilai rata-rata 83 termasuk pada kategori baik. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Hasil ini dilihat dari uji hipotesis thitung > ttabel (7,94 >2,01) dengan demikian ditolak dan diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe round table mempengaruhi kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Call Number: SK-2018 IND 136
Keywords: Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Round Table; Kemampuan Menulis; Teks Ulasan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31214

Actions (login required)

View Item View Item