PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P. 2017/2018

HUTAGALUNG, TABITA RISMAULI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143141094 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7143141094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7143141094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143141094 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143141094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143141094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143141094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143141094 BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143141094 BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143141094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning dan pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh model pembelajaran blended learning dan pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar siswa Kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di jalan Sindoro No. 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan sebanyak 120 orang dan sampel 60 siswa. Instrument penelitian terdiri dari soal teknologi perkantoran pilihan berganda dan angket pemanfaatan media sosial. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji f (Leneve), sedangkan uji hipotesis menggunakan Anava Dua Jalur. Hasil analisis data diperoleh nilai rerata pretest siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut = 28,80 dengan SD = 11,763 dan 36,13 dengan SD = 12,045, sedangkan nilai rerata posttest setelah diterapkan model pembelajaran blended learning = 86,27 dengan SD = 8,578 dan konvensional = 65,47 dengan SD = 15,348. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil berlajar beridistribusi normal yaitu kelas eksperimen (postest) (thitung = 0,200 > ttabel = 0,05) dan kelas kontrol (postest) (thitung = 0,198 > ttabel = 0,05). Data kedua sampel bersifat homogen (fhitung = 0,069 > ftabel = 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran blended learning dan pemanfaatan media sosial yang tinggi = 86,67 dan yang rendah = 85,867 lebih besar dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan pemanfaatan media sosial yang tinggi = 68 dan yang rendah = 61,09 dengan nilai sig. 0,007, dalam hal ini hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran blended learning dan pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar siswa Kelas X Administrasi Pekantoran di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSIREGAR, ELLYS197703272009122003
Call Number: SK-2018 ADP 045
Keywords: BLENDED LEARNING; PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL; HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PERKANTORAN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31186

Actions (login required)

View Item View Item