PEMANFAATAN MODEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN

POHAN, AHMAD RIVAI (2018) PEMANFAATAN MODEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5133111003 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133111003 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5133111003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133111003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5133111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan belum optimal sesuai dengan standart nilai KKM 75. Oleh sebab itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran gambar konstruksi bangunan. Penelitian ini menggunakan model sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitin ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang terdiri dari 31 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan berganda. Dari hasil penelitian nilai aktivitas siswa siklus I hasil belajar siswa yaitu pada rentang <75 sebesar 52% dengan kategori “tidak aktif”, pada rentang 75 – 84 sebesar 48%, mengalami peningkatan aktivitas pada siklus I ke siklus II sebanyak 19% dengan rentang nilai 93-100% dengan predikat “sangat Aktif” dan peningkatan 71% dengan rentang nilai 85-92% dengan predikat “Aktif” sedangkan pada hasil nilai belajar siswa siklus I yaitu pada rentang <75 sebesar 35% dengan kategori “tidak Kompeten”, pada rentang 75 – 79.49, sebesar 42%, pada rentang 79,50 – 87,99 sebesar 19 % dengan kategori “Kompeten” dan pada rentang 88,00 – 100 sebesar 03 % dengan kategori “Sangat Kompeten” mengalami peningkatan pada rentang nilai 88,00 – 100 dengan kategori nilai “Sangat Kompteten” terjadi peningkatan sebesar 13%, dan pada rentang nilai 75,50 – 87,99 dengan kategori nilai “Kompeten”. Maka peningkatan nilai rata-rata yang terjadi antara siklus I dan II untuk aktivitas belajar mencapai 88 dan untuk hasil belajar mencapai 86 dengan persentase yaitu 100% . Hasil penelitian menunjukkan pengajuan hipotesis dengan memanfaatkan model sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gambar konstruksi bangunan siswa kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSianipar, Juanda19540618 198503 1 001
Call Number: SK-2018 BAN 042
Keywords: Gambar Konstruksi Bangunan, Media Pembelajaran, Model, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31141

Actions (login required)

View Item View Item