PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

PRAWIRA, NOFRI YUDHA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 5133111028 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 5133111028 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 5133111028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 5133111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 5133111028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 5133111028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 5133111028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 5133111028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 5133111028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 5133111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 5133111028 TABLE.pdf]
Preview
Text
6.NIM 5133111028 TABLE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 5133111028 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM 5133111028 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 5133111028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 5133111028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 5133111028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 5133111028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 5133111028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 5133111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan
model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran dasar-dasar
konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah dibandingkan dengan model
pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi
eksperimen dengan desain penelitian pre-test, perlakuan, dan post-test. Sebelum
menjaring data dilakukan uji coba instrument dengan hasil 15 butir tes yang
memenuhi syarat. Selanjutnya, sebelum analisis data terlebih dahulu di lakukan
uji normalitas dan homogenitas. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis
varians satu jalur. pre-test diperoleh Fhitung = 0,0409 < Ftabel = 4,04. Untuk post-test
diperoleh Fhitung = 4,091 > Ftabel = 4,04. H0 :μ1=μ2 ditolak dan Ha :μ1 ≠ μ2 diterima.
Maka, model pembelajaran Explicit Instruction memberikan hasil belajar yang
berbeda dibandingkan model pembelajaran konvensional, sehingga dapat
dilanjutkan dengan uji-t. Berdasarkan data uji-t dengan taraf signifikan 5%
diperoleh harga thitung = 2,064 > ttabel = 1,676. Dapat disimpulkan menggunakan
model pembelajaran Explicit Instruction memberikan hasil belajar yang lebih
tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata
pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah siswa
kelas x progam keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan semester
genap tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BAN 044
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, EXPLICIT INSTRUCTION, DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:23
Last Modified: 25 Oct 2018 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31139

Actions (login required)

View Item
View Item