PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS III SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT PERCUT SEU TUAN T.A 2017/2018

AMBARITA, ARI PANAMA (2018) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS III SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT PERCUT SEU TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111008-COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111008-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111008-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111008 _KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM. 1143111008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111008_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143111008_ BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.1143111008-BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM. 1143111008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tindakan model pembelajaran Scramble. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan T.A 2017/2018 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi minat belajar siswa, dan lembar observasi untuk guru. Berdasarkan analisis data sebelum dilakukan tindakan, hasil pemberian angket minat belajar siswa kepada 25 orang siswa sebanyak 6 orang siswa yang berminat (24%) dan 19 orang siswa yang tidak berminat (76%). Selanjutnya dilakukan tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dengan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 11 orang siswa yang berminat (44%) dan 14 orang siswa yang tidak berminat (56%). Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 20% dari keadaan awal. Kemudian dilanjutkan tindakan perbaikan pada siklus II dengan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 22 orang siswa yang berminat (88%) dan 3 orang siswa yang tidak berminat (12%). Hal ini menunjukkan peningkatan keberhasilan yang dapat dilihat dari nilai angket awal, siklus I dan angket siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu ≥ 70%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran IPS materi Jenis-Jenis Pekerjaan di Kelas III SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan T.A 2017/2018 dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitohang, Risma195907161984032001
Call Number: SK-2018 PGSD 458
Keywords: MINAT BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31114

Actions (login required)

View Item View Item