MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN PENGGUNAAN PETA PIKIRAN PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 RANTAU UTARA

Asnidawati, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN PENGGUNAAN PETA PIKIRAN PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 RANTAU UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188230076 Abstrak.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188230076 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188230076 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188230076 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188230076 Bab V.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188230076 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas untuk perbaikan pembelajaran Akuntansi kelas X SMKNegeri 1 Rantau Utara telah dilakukan untuk mencapai tujuan: (1) melakukan perbaikanperilaku siswa dalam belajar, (2) meningkatkan basil belajar siswa pada mata pelajaranAkuntansi, dan (3) menumbuhkan respon positif siswa terhadap penggunaan peta pikirandalam pembelajaran Akuntansi di kelas X SMK Negeri I Rantau Utara.Penelitian ini dilaksanakan sejak 26 September 2010 hingga 23 Nopember 2010.Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Rantau Utara. Subjek penelitian adalah 40 orangdilakukan dalam 2 (dua) sildus_ Masing-masing siklus terdiri dari 1 (satu) pertemuan.Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan danrefleksi. Pembelajaran didesain dengan menggunakan teknik peta pikiran. Pengumpulandata dilakukan melalui observasi langsung terhadap parameter aktivitas siswa dalammengikuti pembelajaran. Teknik tes dilakukan untuk mengumpulkan data peningkatanbasil belajar siswa pada aspek kognitif dan angket digunakan untuk mengumpulkan datarespon siswa terhadap teknik peta pikiran yang diterapkan.Hasil penelitian diperoleh (1) aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran denganmenggunakan teknik peta pikiran menunjukkan siswa telah memiliki pengalaman belajardengan memanfaatkan peta pikiran yang diindikasikan oleh kecenderungan peningkatanpersentase aktivitas siswa dan siklus 1 ke siklus 2; (2) ketuntasan belajar siswa mengalamipeningkatan yakni pada siklus I 75%, siklus II 90%; dan (3) siswa memberikan responsangat positif (sangat senang dan bertninat) mengikuti pembelajaran dengan teknik petapikiran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHamid, Abdul195802221981031001
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Call Number: 373.23 Asn m
Keywords: Belajar;Kelas; Akuntans
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3109

Actions (login required)

View Item View Item