PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP SWASTA MERANTI KABUPATEN ASAHAN

Yuliana, (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP SWASTA MERANTI KABUPATEN ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500071188210038 Abstrak.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188210038 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188210038 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188210038 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188210038 Bab V.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar IPS siswa yangdibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggidibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori, (2) basil belajar IPSsiswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih tinggi dibandingkan dengansiswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, (3) terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan kepercayaan diri siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPSsiswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitianini berjumlah 120 orang yang berasal dari 3 kelas VII (tujuh) siswa SMP SwastaMeranti Kabupaten Asahan. Sedangkan sampel berjurnlah 80 orang yang diambildari 2 (dua) kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelumperlakuan diberikan, terlebih dahulu diberikan angket kepercayaan diri siswauntuk membedakan taraf tinggi dan rendah. Hasil yang diperoleh dari 40 soalyang diuji cobalcan ternyata sebanyak 35 soal yang memenuhi persyaratan (valid).Koefisien reliabilitas tes hasil belajar siswa sebesar 0.84, dan koefisien reliabilitaskepercayaan diri siswa sebesar 0.93. Teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian.Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur. Sebelum teknikanalisis digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu ujinormalitas dengan uji Lillifors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlettdan uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukka.n bahwa : (1) basil belajar IPS siswayang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebib tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pernbelajaran ekspositori. Hal iniditunjukkan oleh Flitting = 6.55 > F 1= 3.99 pada taraf signifikan a = 0.05 ; (2)hasil belajar IPS siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi Iebih tinggidibandingkan dengan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Hal iniditunjukkan oleh Fhitung = 5.46 > Ftabei 3.99 pada taraf signifikan a = 0.05; (3)terdapat interaksi antara strategi pembelajaran berbasis masalah dan kepercayaandiri siswa dalam mempengaruhi basil belajar IPS siswa. Hal ini ditunjukkan olehFhiumg = 8.24 > Ftthei = 3.99 pada taraf signifikan a = 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: 373.236 Yul p
Keywords: Siswa;Strategi Pembelajaran;Sekolah Menengah Pertama;Ekspositari; Kepercayaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item View Item