PENALARAN MORAL SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 16 MEDAN T.A 2018/2019

Audina, Rini (2018) PENALARAN MORAL SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 16 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
10. NIM. 1143351025-BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143351025-BAB V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1143351025-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. NIM.1143351025-COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.1143351025-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143351025-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143351025-DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143351025-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143351025-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143351025-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143351025-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang penalaran moral siswa secara umum yang ditinjau dari variabel Jenis Kelamin (laki-laki dan perempuan) serta merumuskan program bimbingan dan konseling terkait penalaran moral siswa di SMP Negeri 16 Medan tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 siswa/siswi kelas VIII SMP Negeri 16 Medan dengan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling metode undian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebarkan angket kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penalaran moral siswa kelas VIII secara umum berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 2 orang (4%),pada kategori tinggi sebanyak 19 orang (35%), pada kategori sedang sebanyak 12 orang (22%),pada kategori rendah sebanyak 16 orang (30%), dan pada kategori sangat rendah sebanyak 5 orang (9%). Penalaran moral siswa yang ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) menunjukkan bahwa jenis kelamin laki-laki berada pada kategori tinggi 8 orang (28%)seangkan jenis kelamin perempuan berada dikategori tinggi 11 orang (44%) berdasarkan data diatas, dirumuskan program bimbingan dan konseling yang memuat program tahunan,program semester dan program mingguan terkait dengan bidang pengembangan pribadi dengan sub bidang pengembangan penalaran moral disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIrawan, Mirza198606172014041002
Call Number: SK-2018 BK 068
Keywords: PENALARAN MORAL SISWA, BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 23 Oct 2018 10:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31079

Actions (login required)

View Item View Item