Audina, Rini (2018) PENALARAN MORAL SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 16 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
10. NIM. 1143351025-BAB I.pdf - Published Version Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
14. NIM. 1143351025-BAB V.pdf - Published Version Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
15. NIM. 1143351025-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
1. NIM.1143351025-COVER.pdf - Published Version Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM.1143351025-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 1143351025-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 1143351025-DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 1143351025-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 1143351025-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 1143351025-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 1143351025-ABSTRAK.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang penalaran moral siswa secara umum yang ditinjau dari variabel Jenis Kelamin (laki-laki dan perempuan) serta merumuskan program bimbingan dan konseling terkait penalaran moral siswa di SMP Negeri 16 Medan tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 siswa/siswi kelas VIII SMP Negeri 16 Medan dengan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling metode undian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebarkan angket kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penalaran moral siswa kelas VIII secara umum berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 2 orang (4%),pada kategori tinggi sebanyak 19 orang (35%), pada kategori sedang sebanyak 12 orang (22%),pada kategori rendah sebanyak 16 orang (30%), dan pada kategori sangat rendah sebanyak 5 orang (9%). Penalaran moral siswa yang ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) menunjukkan bahwa jenis kelamin laki-laki berada pada kategori tinggi 8 orang (28%)seangkan jenis kelamin perempuan berada dikategori tinggi 11 orang (44%) berdasarkan data diatas, dirumuskan program bimbingan dan konseling yang memuat program tahunan,program semester dan program mingguan terkait dengan bidang pengembangan pribadi dengan sub bidang pengembangan penalaran moral disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2018 BK 068 | ||||||
Keywords: | PENALARAN MORAL SISWA, BIMBINGAN DAN KONSELING | ||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building | ||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling | ||||||
Depositing User: | astina hartono lubis | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2018 10:18 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |