INOVASI BUKU AJAR BERBASIS RISET PENGAKARAN TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.) ASAL SIPAHUTAR SECARA IN VITRO PADA MATAKULIAH KULTUR JARINGAN TANAMAN

Hasanah, Arisah (2018) INOVASI BUKU AJAR BERBASIS RISET PENGAKARAN TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.) ASAL SIPAHUTAR SECARA IN VITRO PADA MATAKULIAH KULTUR JARINGAN TANAMAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 01. COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 02. lembar pengesahan + persetujuan + plagiat.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 03. Abstrak B. Indonesia + B. inggris.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 04. Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 06. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 07. Daptar gambar.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 08. Daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 09. BAB 1.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 13. BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156173022 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview

Abstract

Buku ajar yang dikembangkan berupa buku berbasis riset Pengakaran Tanaman Nanas (Ananas comosus L.) Asal Sipahutar secara In Vitro. Inovasi buku ajar yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan buku ajar matakuliah kultur jaringan tanaman yang akan digunakan sebagai salah satu sumber buku penunjang belajar bagi mahasiswa Pendidikan Biologi S1 Universitas Negeri Medan. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan, yang terdiri atas empat tahap (four-D Models) yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) serta disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap develop. Model pengembangan ini merupakan model desain pembelajaran yang berorientasi pada produk. Data diperoleh diawali dengan analisis kebutuhan, perancangan produk, pembuatan produk, validasi produk dan ujicoba produk. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian pengembangan menggunakan instrument kelayakan dan angket responden. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan buku ajar yang disusun telah memenuhi syarat kelayakan. Tingkat kelayakan sajian materi sebesar 92% dengan kategori valid, kelayakan sajian pembelajaran sebesar 90% dengan kategori valid, kelayakan sajian desain buku sebesar 97,4 % dengan kategori valid. Hasil respon dosen terhadap buku sebesar 93% dengan kategori sangat menarik. Hasil uji perorangan mahasiswa sebesar 82%, uji kelompok kecil mahasiswa sebesar 83,9% dan uji kelompok terbatas mahasiswa sebesar 81,82% dengan kategori valid dan layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Thesis advisorSilaban, Ramlan195810081981031002
Call Number: 570.7 Has i
Keywords: Pengembangan buku ajar, kultur jaringan tanaman, berbasis riset
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30920

Actions (login required)

View Item View Item