PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Simajuntak, Justini (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156122039 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156122039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156122039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156122039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156122039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156122039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156122039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156122039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156122039 BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156122039 BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156122039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian 144 siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Trisakti Medan TP 2017/2018. Sebanyak 72 siswa dari dua kelas yang dipilih dengan cluster random sampling dibagi dalam 2 kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dalam rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikan = 0,05. Setelah normalitas dan homogenitas data diuji, dilanjutkan dengan uji lanjut Scheffe. Hasil pengujian hipotesis diperoleh (1) terdapat perbedaan nilai rata-rata matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw (74,17) dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD (67,39) dengan Fhitung (6,56) > Ftabel (4,00), (2) terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi (78,63) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah (65,17) dengan Fhitung (29,14) > Ftabel (4,00), (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa dengan dengan Fhitung (6,56) > Ftabel (4,00).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Thesis advisorBaharuddin, 196612311992031020
Call Number: 372.7 Sim p
Keywords: model pembelajaran kooperatif, kemampuan berpikir logis, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30762

Actions (login required)

View Item View Item