PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN AKTIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA DI KELAS V SDS GRACIA SUSTAIN MEDAN

Juliana, (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN AKTIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA DI KELAS V SDS GRACIA SUSTAIN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156181011 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156181011 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156181011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156181011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156181011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156181011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156181011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156181011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156181011 BAB I.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156181011 BAB V.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156181011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) siswa belum mampu menuangkan ide, pendapat dalam bentuk tulisan secara khusus menulis deskripsi; (2) guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif, sehingga tidak meningkatkan aktivita siswa; (3) hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas V SDS Gracia Sustain rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar kemampuan menulis deskripsi siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik dengan pendekatan ekspositori; (2) hasil belajar kemampuan menulis deskripsi siswa antara kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah; (3) interaksi antara antara pendekatan saintifik dengan aktivitas siswa terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb Sekolah Dasar Swasta Gracia Sustain dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va untuk kelas kontrol sebanyak 28 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan ekspositori dan untuk kelas kontrol kelas Vb sebanyak 28 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk essay test menulis deskripsi; (2) lembar observasi aktivitas siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik memperoleh nilai rata-rata 71.607 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan ekspositori memperoleh nilai ratarata 53.929 ( ; (2) berdasarkan hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan aktivitas tinggi memperoleh nilai rata-rata = 66.724, sedangkan hasil belajar kemampuan menulis deskripsi yang menggunakan aktivitas rendah memperoleh nilai rata-rata = 58.519; dan (3) hasil pengujian hipotesis diperoleh tidak terdapat interaksi antara pendekatan saintifik dan aktivitas siswa terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Call Number: 372.623 Jul p
Keywords: pendekatan saintifik, pendekatan ekspositori, hasil belajar, dan aktivitas siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB51 Systems of individual educators and writers
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30745

Actions (login required)

View Item View Item