Juliana (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN AKTIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA DI KELAS V SDS GRACIA SUSTAIN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156181011 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 8156181011 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8156181011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. NIM 8156181011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM 8156181011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM 8156181011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 8156181011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 8156181011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 8156181011 BAB I.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
13. NIM 8156181011 BAB V.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
14. NIM 8156181011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) siswa belum mampu menuangkan ide,
pendapat dalam bentuk tulisan secara khusus menulis deskripsi; (2) guru belum
menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif, sehingga tidak
meningkatkan aktivita siswa; (3) hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas V
SDS Gracia Sustain rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil
belajar kemampuan menulis deskripsi siswa yang diajarkan dengan pendekatan
saintifik dengan pendekatan ekspositori; (2) hasil belajar kemampuan menulis
deskripsi siswa antara kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi
dengan kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah; (3) interaksi
antara antara pendekatan saintifik dengan aktivitas siswa terhadap kemampuan
menulis deskripsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb Sekolah Dasar Swasta
Gracia Sustain dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va untuk
kelas kontrol sebanyak 28 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan
ekspositori dan untuk kelas kontrol kelas Vb sebanyak 28 siswa yang diajarkan
dengan menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan terdiri dari:
(1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk essay test
menulis deskripsi; (2) lembar observasi aktivitas siswa. Instrumen tersebut telah
memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan pendekatan saintifik memperoleh nilai rata-rata 71.607 sedangkan hasil
belajar siswa yang diajar dengan pendekatan ekspositori memperoleh nilai ratarata
53.929 ( ; (2) berdasarkan hasil perhitungan data dapat diketahui
bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan aktivitas tinggi memperoleh
nilai rata-rata = 66.724, sedangkan hasil belajar kemampuan menulis deskripsi
yang menggunakan aktivitas rendah memperoleh nilai rata-rata = 58.519; dan (3)
hasil pengujian hipotesis diperoleh tidak terdapat interaksi antara pendekatan
saintifik dan aktivitas siswa terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Jul p |
Keywords: | pendekatan saintifik, pendekatan ekspositori, hasil belajar, dan aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB51 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 02:44 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30745 |