HUBUNGAN ANTARA IKLIM ORGANISASI DAN PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA MEDAN

Ahmadi, Khairul (2010) HUBUNGAN ANTARA IKLIM ORGANISASI DAN PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500055030546 Abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030546 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030546 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030546 Bab I.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030546 Bab V.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030546 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: (I) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru?, (2) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara Persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru?, dan (3) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dan Persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru?.Tujuan penelitian ini adalah: (I) untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru, (2) untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (3) untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dan Persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah secara bersama¬sama dengan kinerja guru. Metode penelitian ini adalah kuantitatifjenis deskriptif studi icorelasional dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian ke dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kota Medan yang berada di masing-masing unit kerja. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling, dan berdasarkan perhitungan dan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik korelasi dan regresi sederhana dan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Iklim Organisasi mempunyai hubungan yang signifikan dengan Kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,570 dan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 32%. Hal ini dapat diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel Iklim Organisasi sebesar 32% dapat diprediksi dalam meningkatkan Kinerja guru, 2) Persepsi Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah mempunyai hubungan yang signifikan dengan Kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,540 dan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 28,7%. Hal inl diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel Persepsi Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah sebesar 28,7% dapat diprediksi dalam meningkatkan Kinerja guru, dan 3) Persepsi Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi secara bersama-sama mempunyai hubungan signifikan dengan Kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,755 dan memberikan sumbangan efektif sebesar 60,7%. Hal ini bermakna bahwa 60,7% dari variasi yang terjadi Kinerja guru dapat diprediksi oleh kedua variabel bebas tersebut.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa iklim organisasi dan Persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah terbukti secara empiris menjadi faktor pendukung peningkatan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorSyarifuddin, 1959112219866011001
Call Number: 371.200 58 Ahm h
Keywords: Iklim organisasi; Kepemimpinan; Guru; Kepala sekolah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item