PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SEI SUKA

Halimatussadiah, (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SEI SUKA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156172013 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156172013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156172013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156172013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156172013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156172013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 8156172013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 8156172013 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif, 2) peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 3) peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku petunjuk guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, tes kemampuan metakognisi, dan angket kemandirian belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model 4- D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA-3 dan XI-MIPA-4 SMA Negeri 1 Sei Suka. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis masalah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, 2) terdapat peningkatan kemampuan metakognisi siswa sebesar 0,31 yang diperoleh dari nilai rata-rata dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 3) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar 3,45 yang diperoleh dari skor rata-rata dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMulyono, 197112311999031010
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: 511.8 Hal p
Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pengembangan 4-D, Kemampuan Metakognisi,Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30692

Actions (login required)

View Item View Item