Siregar, Chairul Bachri (2018) PENGEMBANGAN MATERI MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136192006 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8136192006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
3. NIM. 8136192006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 8136192006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 8136192006 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. NIM. 8136192006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
7. NIM. 8136192006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8136192006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 8136192006 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. NIM. 8136192006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 8136192006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengembangan materi menulis teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif dengan penerapan CTL pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa, (2) Hasil validasi ahli materi dan ahli desain media pembelajaran terhadap produk pengembangan materi menulis teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif dengan penerapan CTL., dan (3) Efektivitas pengembangan materi menulis teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif dengan penerapan CTL.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dikembangkan oleh Sukmadinata. Model ini terdiri dari tiga tahapan, yakni studi pendahuluan, pengembangan model, dan uji model. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi pembelajaran, dua ahli desain media pembelajaran, dan tiga puluh lima siswa untuk uji coba lebih luas. Data tentang kulaitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data yang telah dikumpulkan pada tahap pengujian kelayakan produk dianalisis dengan teknik analisi deskriptif kualitatif, selanjutnya pada tahap pengujian efektivitas produk dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil peneltian menunjukkan: (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (90%), (2) uji ahli desain media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (90%), dan (3) uji coba lebih luas berada pada kualifikasi sangat baik (85%).
Hasil pengujian hipotesis efektivitas produk menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan materi menulis teks ekplanasi berbasis multimedia interaktif dengan penerapan CTL. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa ttabel = 1.70 dengan dk = 33 sedangkan harga thitung = 2,73, maka diperoleh harga thitung > ttabel yaitu : 7,30 > 1,70, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan materi menulis teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis teks eksplanasi di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Sir p |
Keywords: | keterampilan menulis, Teks eksplanasi, Multimedia, Macromedia Flash Pro |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2018 02:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2018 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30650 |