KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 TEBINGTINGGI

Daulay, Wiranda Magdalena (2018) KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 TEBINGTINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156192049 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156192049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156192049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156192049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156192049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156192049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156192049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156192049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156192049 BAB I.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156192049 BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156192049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana realisasi kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan PKn di kelas VIII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi, mengkaji pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan PKn, mengkaji implikasi kesantunan berbahasa guru bahasa Indonesia dan PKn dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) metode survey, (2) melakukan wawancara, (3) mengumpulkan data rekaman, (4) melakukan reduksi data, (5) melakukan pengklasifikasian data, (6) melakukan pengujian data hasil penelitian, (7) membandingkan data hasil penelitian, (8) pengecekan data hasil penelitian dan mengkonsultasikannya dengan pembimbing tesis. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan dokumen dianalisis dengan teknik analisis dokumen atau analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) realisasi kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan PKn maka bentuk tuturan verbal dan nonverbal yang terbagi atas bentuk tuturan deklaratif, imperatif dan bentuk tuturan interogatif. Prinsip kesantunan berbahasa dapat dikategorikan menjadi enam yaitu: maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pemufakatan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kesimpatian, (2) pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan PKn akibat terjadinya prinsip-prinsip kesantunan berbahasa yang tidak mematuhi prinsip kesantunan, dan ketidaksantunan karena penggunaan bahasa tidak lengkap, dan (3) implikasi kesantunan berbahasa guru bahasa Indonesia dan PKn dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dapat meningkatkan pengetahuan, motivasi dengan memuji Tuhan YME dan menghargai orang lain, motivasi bersikap demokratis, dan motivasi kesederhanaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 418.4 Dau k
Keywords: kesantunan berbahasa, pembelajaran, motivasi belajar,Skla kesatuan Leech
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Jun 2018 02:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30649

Actions (login required)

View Item View Item