PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN MOTOR BAKAR SISWA KELAS X DI SMK NILA HARAPAN DELI SERDANG

Sihombing, Mikhael (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN MOTOR BAKAR SISWA KELAS X DI SMK NILA HARAPAN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 8156121025 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 8156121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 8156121025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 8156121025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 8156121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 815621025 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 8156121025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 8156121025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156121025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar Mesin Konversi Energi. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana. Penelitian yang dilaksanakan di SMK Nila Harapan Deli Serdang. Sampel yang terdiri dari kelas eksperiment (36 siswa) yang menggunakan media pembelajaran interaktif dan kelas kontrol (34 siswa) yang di perlakukan dengan media cetak.Hasil penelitian menunjukkan (1) validasi ahli materi (87%) engan kategori sangant baik, (2) validasi ahli desain instruksional (84%) dengan kategori sangat baik, (3) validasi ahli media pembelajaran (83%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (90%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (87%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (81%). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran interaktif ini dilanjutkan pada uji efektifitas. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif dengan hasil antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media cetak. Hal itu ditunjukkan dengan hasil analisis thitung > ttabel 2,18 > 1,99).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Thesis advisorFarihah, 196204031988032001
Call Number: 371.307 12 Sih p
Keywords: Komputer; Behaviorisme; Siberrnitik; Pembelajaran; Onformasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30646

Actions (login required)

View Item View Item