PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN T.A 2016/2017

HUTAPEA, MARTA (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7131141069 COVER.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7131141069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7131141069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7131141069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7131141069 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7131141069 TABLES.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7131141069 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 7131141069 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7131141069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4, jl. Gelas no 12a, kecamatan Medan Petisah, Ayahanda Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 - MIA 6 SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling (secara acak). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 – X MIA 6 masing-masing dipilih secara acak sebanyak 72 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Perhitungan Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Secara Parsial (Uji t), Pengujian Hipotesis Secara Simultan (Uji F), dan Menguji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel minat belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (6,429 > 1,667). Variabel lingkungan sekolah juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,447 > 1,667). Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung > Ftabel (22,872 > 3,130). Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,339 atau 33,9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan Antara Minat Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La196412311991031040
Call Number: SK-2018 EKO 014
Keywords: Minat Belajar;Lingkungan Sekolah;Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 12:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30587

Actions (login required)

View Item View Item