PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMPUTASI HYPERCHEM PADA MATERI BENTUK MOLEKUL SESUAI KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

Siregar, Anggi Desviana (2018) PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMPUTASI HYPERCHEM PADA MATERI BENTUK MOLEKUL SESUAI KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166141002 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166141002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166141002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166141002 TABLES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166141002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166141002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166141002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar materi bentuk molekul yang digunakan di universitas sesuai kriteria yang ditetapkan oleh BSNP, memperoleh modul terintegrasi project based learning berbantuan media komputasi hyperchem pada materi bentuk molekul sesuai kurikulum kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI), mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua bahan ajar kimia yang biasa digunakan pada mata kuliah konsep dasar kimia FMIPA UNIMED dan dua kelas di jurusan FMIPA UNIMED sebanyak 60 mahasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar uji kelayakan modul berdasarkan BSNP, tes hasil belajar mahasiswa yang akan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 21.0 for windows dan lembar observasi respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kelayakan bahan ajar kimia A dan B pada materi bentuk molekul layak digunakan, namun masih terdapat kekurangan-kekurangan pada setiap buku sehingga perlu dilakukan pengembangan, (2) Hasil penilaian validator terhadap modul terintegrasi project based learning berbantuan media komputasi hyperchem pada materi bentuk molekul sesuai KKNI diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,64 yang dinyatakan sangat layak untuk digunakan mahasiswa dan tidak perlu dilakukan revisi, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan modul terintergrasi project based learning berbantuan media komputasi hyperchem pada materi bentuk molekul sesuai KKNI dengan menggunakan bahan ajar pegangan mahasiswa, (4) Respon mahasiswa terhadap penggunaan modul yang dikembangkan dalam pembelajaran tergolong sangat baik dengan rata-rata sebesar 87 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad198304011920081005
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 541.37 Sir p
Keywords: modul bentuk molekul, model pjbl, hyperchem, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 May 2018 01:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30529

Actions (login required)

View Item View Item