PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA YANG INOVATIF UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013

Pajar, Sepra (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA YANG INOVATIF UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166141016 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166141016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166141016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166141016 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166141016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166141016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166141016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku penuntun dan kit praktikum kimia yang inovatif bagi siswa kelas X SMA/MA semester ganjil sesuai kurikulum 2013, penilaian buku penuntun dan kit praktikum kimia berdasarkan tanggapan ahli serta peningkatan hasil belajar siswa melalui uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji coba terbatas buku penuntun dan kit praktikum kimia ini dilakukan melalui pengamatan terhadap keterlaksanaan, sikap, keterampilan dan respon siswa. Lokasi penelitian di SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya dan subjek uji coba terdiri dari 98 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan lembar validasi penuntun praktikum, angket, lembar observasi dan instrument tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: buku penuntun dan kit praktikum kimia yang telah dikembangkan layak menjadi pegangan guru dalam pembelajaran kimia; hasil uji keterlaksanaan terhadap sampel secara berurutan pada aspek penilian kinerja sebesar 3,83; 3,77; 3,83 dan aspek kenerja produk 3,71; 3,78; 3,83 dengan kriteria sangat baik, hasil penilaian sikap siswa sebesar 3,69; 3,69 dan 3,61 dengan kriteria baik, sedangkan penilaian keterampilan siswa sebesar 3,70; 3,65 dan 3,66, dengan kriteria baik, sementara untuk hasil belajar berdasarkan tes kemampuan kognitif sebesar 0,6 (sedang); 0,64 (sedang); dan 0,74 (tinggi), kemudian untuk respon siswa terhadap buku penuntun dan kit praktikum kimia siswa sebesar 3,67; 3,65 dan 3,71 dengan kriteria baik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 542.1 Paj p
Keywords: buku penuntun praktikum, kit praktikum kimia, SMA semester ganjil, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 May 2018 02:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30493

Actions (login required)

View Item View Item