PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOLABORATIF DAN MEDIA CHARTA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SD 024763 BINJAI

Sibangebange, Rita (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOLABORATIF DAN MEDIA CHARTA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SD 024763 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136182044 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136182044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136182044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136182044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136182044 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136182044 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136182044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136182044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136182044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136182044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis kolaboratif dan siswa yang dibelajarkan menggunakan media charta pada mata pelajaran IPA di kelas V SD 024763 Binjai. (2) Untuk mengetahui efektivitas belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis kolaboratif dengan media charta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 024763 Kota Binjai, dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis kolaboratif dan kelas B yang dibelajarkan dengan menggunakan media Charta. Instrumen penelitian yang digunakan disusun berdasarkan kisi-kisi yang mengikuti kriteria Bloom (C1-C4) yaitu tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 20.00. Signifikasi uji t adalah 0,001. Karena signifikasi < 0,005 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif berbasis kolaboratif dan siswa yang dibelajarkan dengan media charta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai : (1) Memberikan masukan kepada para guru mata pelajaran IPA dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang diharapkan (2) sebagai masukan kepada para peneliti dalam rangka mengembangkan penelitian-penelitian yang relevan. Diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis kolaboratif pada materi sifat-sifat cahaya dalam upaya meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: 371. 36 sib p
Keywords: Media pembelajaran interaktif berbasis kolaboratif, media charta, hasil belajar, sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 May 2018 04:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30477

Actions (login required)

View Item View Item