LINTASAN PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SD DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Sitorus, Jonni (2018) LINTASAN PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SD DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Doctoral thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8146184004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (985kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SD; memukan tahapan proses berpikir kreatif matematika dan pengetahuan kognitif peserta didik SD; dan menganalisis lintasan belajar kreatifnya, ditinjau dari persfektif teori. Penelitian ini dilakukan dengan 2 pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk mengonstruksi teori dari pemahaman suatu fenomena yang terjadi pada lintasan proses berpikir kreatif peserta didik SD dengan penerapan model pembelajaran matematika realistik melalui grounded theory dengan 5 tahapan, yaitu: tahap inisiasi, pengumpulan data, analisis data, sintesa dan penemuan teori, and uji validasi teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik pada PMR dapat dikelompokkan menjadi 4, yaitu: sangat tinggi sebanyak 2 orang (7,69%); tinggi 9 orang (34,62%); cukup 10 orang (38,46); dan rendah 5 orang (19,23%). Tingkat berpikir kreatif (TBK) matematika peserta didik dikelompokkan menjadi 2, yaitu TBK 4 (sangat kreatif) dan TBK 3 (kreatif). Secara keseluruhan, nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik adalah χ = 74,62. Semua peserta didik dapat memberikan jawaban yang fluency, flexibility dan novelty, tetapi kemampuan peserta didik untuk memberikan banyaknya jawaban pada masing-masing indikator berpikir kreatif berbeda-beda. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik pada masing-masing indikator berpikir kreatif adalah fluency = 77,69; flexibility = 66,67; dan novelty = 50,64; (2) tahapan proses berpikir kreatif serta pengetahuan kognitif peserta didik adalah: a) orientasi: berusaha mengenali & memahami, berpikir, ingin mendapatkan ide, mencari, memahami, membaca, bertanya, dan memanfaatkan; b) persiapan: mengingat, mencari, meniru, berdiam diri, berusaha, membaca, bertanya, mengumpulkan, berdiskusi, memanipulasi, merepresentasi, merumuskan, membayangkan, memanfaatkan, menggali, berintuisi, menganalisis; c) inkubasi: menenangkan diri, mengistirahatkan, mengalihkan, merenung, berpikir, ingin memunculkan ide, membaca, memahami, mengingat, membayangkan, mengeram ide, dan bercanda/ bercakap-cakap; d) iluminasi: menganalisis, mengaitkan, menyelesaikan, mengembangkan, memanfaatkan, mensintesa, mengkoneksikan, merepresentasi, menerapkan, mensinergikan, memunculkan, menetapkan, membagi, menerjemahkan, menemukan, menyesuaikan, membandingkan, melanjutkan, memilih dan mengubah; dan e) varifikasi: memverifikasi, menemukan, mendiskusikan, mencari, mengecek ulang, merevisi, mengganti, memanfaatkan, menganalisis, membandingkan, berpikir logika, meragukan, bertanya, membaca, memeriksa, mengukur kembali, dan mengubah; dan (3) titik lintasan belajar kreatif sebanyak 5, yaitu: orientasi masalah kontekstual, rencana tindakan, realisasi rencana atau bertindak, penguasaan konsep kreativitas matematika dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorSyahputra, Edy195701211989031001
Call Number: 372.071 Sit l
Keywords: pembelajaran matematika realistik; lintasan belajar kreatif, tahapan proses berpikir kreatif, pengetahuan kognitif, grounded theory, pembelajaran matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 May 2018 01:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item