MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018

ISLAMI, FATMA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111031_COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111031_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111031_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111031_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111031_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141111031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1141111031_BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141111031_BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1141111031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi energi dan kegunaannya di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia. Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018 yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 perempuan dan 10 laki-laki. Objek Penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dan observasi untuk mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan telah baik. Penelitian diaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data analisis dengan menggunakan presentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data, pada pretes diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 2 siswa (8,33%) yang tuntas belajar dan 22 siswa (91,66%) yang belum tuntas dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 46,66. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 9 siswa (37,5%) yang tuntas belajar dan 15 siswa (62,5%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata klasikal 60,62. Selanjutnya pada siklus iI diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 21 siswa (87,5%) yang tuntas belajar dan 3 siswa (12,5%) yang belum tuntgas belajar dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 75.20. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi dan kegunaannya di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018. Disarankan sekolah agar lebih menerapkan model pembelajaran Student Echievement

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, HerawatiUNSPECIFIED
Call Number: SK-2018 PGSD 114
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 23 May 2018 14:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30452

Actions (login required)

View Item View Item