HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DENGAN KINERJA GURU MTS NEGERI KOTA MEDAN

Harahap, Mahdiansyah (2010) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DENGAN KINERJA GURU MTS NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500061188110005 Abstrak.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500061188110005 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500061188110005 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500061188110005 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500061188110005 Bab V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500061188110005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru MTs Negeri kota Medan?,(2) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan manajerial kepala madrasah dengan kinerja guru MTs Negeri kota Medan?.(3) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan dan keterampilan manajerial kepala madrasah secara bersama-sama dengan kinerja guru MTs Negeri kota Medan?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) hubungan antara persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru MTs Negeri kota Medan, (2) hubungan antara keterampilan manajerial kepala madrasah dengan kinerja guru MTs Negeri kota Medan, (3) hubungan persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan dan keterampilan manajerial kepala madrasah secara bersama-sama dengan kinerja guru MTs Negeri kota Medan.Populasi penelitian ini berjumlah 183 orang, dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, ukuran sampel sebanyak 92 orang didasarkan pada tabel Nomogram Harry King (N ≤ 2000). Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen terhadap populasi di luar sampel yang berjumlah 30 guru, bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas insuurnen penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Liked. Untulc menguji hipotesis digunakan teknik analisis korelasi dan regresi sederhana dan Banda, pada taraf hignifikansi 0,05. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengunakan program SPSS versi 15.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,828;(2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan manajerial kepala madrasah dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,432;(3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan dan keterampilan manajerial secara bersama-sama dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,877 sehingga koefisien determinasinya diperoleh sebesar 77,00%.Penelitian ini menyimpulkan, bahwa efektivitas kepemimpinan kepala madrasah merupakan hal yang sangat penting diperhatikan para kepala madrasah MTs Negeri kota Medan, dan keterampilan manajerial kepala madrasah juga perlu diting,katkan sehingga dapat meningkatkan kinerja guru MTs N

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorRuslan, Dede1965070419990031002
Call Number: 373.236 068 Har h
Keywords: Kinerja guru; Efektivitas kepemimpinan; Ketrampilan manajerial; Madrasah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item