PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL MEMBUAT POLA BLUS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR

Sijabat, Ivany Triulan (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL MEMBUAT POLA BLUS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.5123341013 - COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.5123341013 - APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.5123341013 - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.5123341013 - PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.5123341013 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.5123341013 - ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.5123341013 - TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.5123341013 - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.5123341013 - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.5123341013 - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.5123341013 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana hasil pembuatan pola blus wanita dengan menggunakan media pembelajaran adobe flash siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar, 2) Mengetahui bagaimana hasil pembuatan pola blus wanita tanpa menggunakan media pembelajaran adobe flash siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar, 3) Mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar pembuatan pola blus wanita siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Ekperiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar sebanyak dua kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola blus wanita dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada pembuatan pola blus wanita. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran adobe flash pada membuat pola blus ini berhasil melalui tahapan, yaitu: 1) Hasil belajar membuat pola blus wanita tanpa menggunakan media pembelajaran adobe flash berada pada kategori tinggi dengan hasil presentase (23,3%) sedangkan yang termasuk kategori rendah dengan hasil presentase sebesar (76,6%) dan nilai rata-rata (Mean) 70,4, 2) Hasil belajar membuat pola blus wanita dengan menggunakan media pembelajaran adobe flash berada pada kategori tinggi kategori tinggi dengan hasil presentase sebesar (96,7%) sedangkan yang termasuk kategori rendah dengan hasil presentase sebesar (3,3%) dan nilai rata-rata (Mean) 91,1, 3) Hasil belajar membuat pola blus wanita tanpa menggunakan media pembelajaran adobe flash adalah berdistribusi normal dimana, Lhitung < Ltabel, 4) Kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 0,50 < 2,24 sehingga kedua kelas memiliki varians yang sama (homogen), 5) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel yaitu 12,93 > 1,671. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar membuat pola blus wanita pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Ermidawati195504021980032006
Call Number: SK-2018 BSN 022
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Highway design. Interchanges and intersections
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 18 May 2018 14:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30369

Actions (login required)

View Item View Item