PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE DI SD N 107400 BANDAR KHALIPAH TAHUN AJARAN 2017/2018

TARIHORAN, RONIBINSAR WIRA AFRIANTO (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE DI SD N 107400 BANDAR KHALIPAH TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111073_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111073_COVER.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111073_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111073_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111073_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111073_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111073_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111073_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111073_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111073_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111073_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111073_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111073_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111073_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111073_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111073_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141111073_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141111073_BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111073_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111073_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111073_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111073_BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar perubahan hasil belajar siswa diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW, untuk mengetahui besar perubahan hasil belajar siswa diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan TPS di SD N 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah yang berjumlah 58 siswa, yang terbagi atas kelas Va sebanyak 32 siswa dan Kelas Vb sebanyak 26 siswa.
Dari hasil pengumpulan data pada kelas ekperimen I dengan model TTW diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata 84,69 dengan standar deviasi sebesar 8,51, dengan peningkatan sebesar 64% sedangkan kelas ekperimen II dengan model TPS diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata 76,35 dengan standar deviasi sebesar 10,91, dengan peningkatan sebesar 53%. Analisis data menunjukkan bahwa nilai normalitas hasil belajar pada kelas ekperimen I dengan model TTW (L0 = 0,1410) memiliki distribusi normal dan nilai normalitas pada kelas ekperimen II dengan model TPS (L0 = 0,1107) memiliki distribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan Fhitung (1,643) < harga F tabel(1,865) yang disimpulkan bahwa Varians sampel adalah homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa perolehan thitung(3,296) > ttabel(2,003), maka H0 ditolak Ha diterima hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, antara penerapan model pembelajaran kooperatif TTW dengan model pembelajaran kooperatif TPS di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2017/2018.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, antara penerapan model pembelajaran kooperatif TTW dengan model pembelajaran kooperatif TPS di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian Hipotesisi Ha diterima. Saran agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber informasi bagi kepala sekolah SD N 107400 Bandar Khalipah untuk menjadikan model kooperatif tipe TTW sebagai salah satu model pembelajaran yang hendak diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 098
Keywords: Hasil Belajar, Think Talk Write, Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 02 May 2018 15:16
Last Modified: 07 Feb 2019 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30244

Actions (login required)

View Item
View Item