PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPS GEMA BUWANA

Harahap, Selvi Selptiani (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPS GEMA BUWANA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156171066 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156171066 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156171066 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171066 TABLES.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156171066 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156171066 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik, (2) Peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistic, (3) Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMP Swasta Gema Buwana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Instrumen dalam penelitian ini adalah RPP, LAS, Buku Siswa, Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Angket Kemandirian Bekajar. Uji coba I dilakukan pada pada siswa kelas VII-6 dan uji coba II pada kelas VII-4 SMPS Gema Buwana. Dari hasil penelitian ini diperoleh: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata skor 77,94% dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata skor 86,1%; 2) Peningkatan Kemandirian Belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata skor 83,44% dan meningkat pada uji coba II dengan ratarata skor 87,69%. 3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) aktivitas siswa dalam toleransi yang telah ditetapkan, b) kegiatan guru mengelola pembelajaran dengan kategori sangat tinggi, c) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif, dan d) ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah secara klasikal;

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
RestagerHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorSimamora, Elmanani197211162006041001
Call Number: 510.071 2 Har p
Keywords: Model Pengembangan, Perangkat Pengembangan, Kemandirian Belajar, Pendekatan Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Apr 2018 02:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30192

Actions (login required)

View Item View Item