MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK KELAS V SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2017/2018

SIREGAR, FATIMAH (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK KELAS V SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143311019_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143311019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143311019_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143311019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143311019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143311019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143311019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143311019_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143311019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1143311019_BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143311019_BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1143311019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give pada Mata Pelajaran PKn pada materi pokok Menjaga Keutuhan NKRI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan masing-masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Dalam setiap pertemuan terdiri atas 4 tahapan yaitu, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan test dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKn dari jumlah 25 orang siswa kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat pada kondisi awal terdapat 5 orang siswa yang tuntas dengan persentase 20% dan 20 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 80% dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 47,00. Selanjutnya dilaksanakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 19 orang siswa dengan persentase 76% dan 6 orang siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 24% nilai ratarata klasikal sebesar 68,4. Dari perolehan siklus I bahwa hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give, hasil belajar siswa secara signifikan mengalami peningkatan dari yang sebelumnya, terdapat 25 orang siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 100% dan 0 orang siswa yang mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 0% nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 82. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa “ Dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn pada materi pokok Menjaga Keutuhan NKRI untuk Kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: SK-2018 PGSD 087
Keywords: Take And Give, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Apr 2018 15:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30169

Actions (login required)

View Item View Item