PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU FISIKA MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING EDMODO MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 2 BINJAI

Pakpahan, Horas Ronaldo (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU FISIKA MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING EDMODO MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 2 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156132070 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156132070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156132070 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156132070 PREFACE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156132070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156132070 TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156132070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156132070 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156132070 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156132070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan kemampuan guru fisika menggunakan aplikasi e-Learning edmodo melalui model supervisi klinis di SMA Negeri 2 Binjai. Subjek penelitian ini adalah semua guru fisika SMA Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 4 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan guru menggunakan aplikasi elearning edmodo adalah test dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah butir sebanyak 40. Sedangkan untuk mengamati kegiatan supervisi klinis digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan duasiklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru menggunakan aplikasi e-learning edmodo setelah dilakukan supervisi klinis pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dengan nilai 67,5, dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 87,5 . Penilaian kegiatan supervisi klinis pada siklus I tergolong sangat baik dengan nilai 96,4, dan pada siklus II juga tergolong dalam kategori sangat baik dengan nilai 98,7. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru fisika menggunakan aplikasi e-learning edmodo di SMA Negeri 2 Binjai. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu pelaksanaan supervisi klinis dalam upaya membantu guru menggunakan aplikasi e-learning edmodo.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWau, Yasaraodo195901011986011002
Thesis advisorRestu, 196205231987031002
Call Number: 371.12 Pak p
Keywords: Kemampuan Guru, Supervisi Klinis, e-Learning Edmodo
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30128

Actions (login required)

View Item View Item